Lakukan Hal ini untuk Mencegah Kanker Serviks

Apakah kanker serviks bisa dicegah? Jawabannya adalah ya, kanker serviks bisa dicegah dengan cacar mendapatkan vaksin HPV (Human Papilloma Virus) yang diberikan sejak usia 9-26 tahun. Selain juga itu pemeriksaan pap smear juga harus rutin dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker atau pra-kanker.

Cara yang paling utama untuk mencegahnya dalah dengan cara mengobati pra-kanker sebelum menjadi kanker, dan juga bisa mencegah terbentuknya pra-kanker. Hal ini bisa dilakukan dengan pap smear dan tes HPV. Pap smear bisa dilakukan pada usia 21 tahun. Jika hasilnya normal, maka kemungkinan terkena kanker serviks ke depannya sangat rendah. Lalu bisa melakukan pap semar tiga tahun ke depannya.

Tes HPV sendiri dilakukan untuk mencari virus yang bisa menyebabkan perubahan sel pada tubuh. Jika mendapatkan hasil normal, maka bisa dilakukan test HPV lima tahun setelahnya. Vaksin HPV digunakan untuk melindungi virus HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks, vagina, dan juga vulva. Vaksin ini  bisa diberikan sejak uasia 9 hingga 26 tahun.

Selain melakuakn pap smear dan juga vaksin HPV, kamu bisa mencegah kanker serviks dengan cara berhenti merokok, penggunaan pengaman saat berhubungan seksual, dan juga menghindari  hubungan seksual dengan beberapa orang.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan resiko meningkatnya kanker serviks seperti terinfeksi HPV melalui infeksi menular seksual, memulai hubungan seksual sejak usia dini, tidak melakukan pemeriksaan pap smear, merokok atau menggunakan tembakau, menggunakan pil KB untuk waktu yang lama, memiliki keluarga yang menderika kanker serviks.

Sumber :

  1. American Cancer Society. (2016, 05 December). Can Cervical Cancer Be Prevented?. Diperoleh 21 April 2017 dari : https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/causes-risks-prevention/prevention.html
  2. Centers for Disease Control an Prevention. (2017, 09 Februari). What Can I Do Reduce My Risk of Cervical Cancer?. Diperoleh  21 April 2017 dari : https://www.cdc.gov/cancer/cervical/basic_info/prevention.htm

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *